hotline garam lososa
beranda garam lososa testimoni garam lososa kerjasama agen distributor garam lososa cara order garam lososa kontak kami garam lososa sitemap garam lososa faq garam lososa  
Chatting YM

bca

No. Rek : 0152067435
A.N : Ismail Multi Hidayah

bni

No. Rek : 0227772072
A.N : Ismail Multi Hidayah

bri

No. Rek :0095-01-046868-508
A.N : Ismail Multi Hidayah

bank mandiri

No. Rek :141-00-1359446-0
A.N : Ismail Multi Hidayah

Jasa Pengiriman

pos indonesia

jne

indah cargo logistic

garam lososa garam rendah sodium

Artikel Menarik
garam rendah natrium
hipertensi
Hipertensi - Penyakit Darah Tinggi
pisang untuk hipertensi
buah segar untuk penderita hipertensi
 

 

Artikel

 

Sodium : Antara Bahaya Dan Manfaatnya

sayur rendah sodium

Sumber gambar: Umami Indonesia Edisi 6 Vol I 2013


Sodium atau natrium dapat berasal dari bahan alami yang digunakan atau penambahan bumbu. Salah satu sumber sodium yang sering digunakan adalah garam (NaCl), yang fungsi utamanya memberi rasa asin. WHO menganjurkan konsumsi garam maksimal 5 g sehari. Sedangkan berdasarkan data Susenas pada 2002, 2007, dan 2009, rata-rata konsumsi garam penduduk Indonesia masing-masing adalah 6,3; 5,6; dan 5,7 g per hari. Artinya lebih tinggi dibandingkan anjuran WHO.

Sebanyak 98% asupan sodium akan diserap di usus, dan kelebihannya akan disaring di ginjal, dan dikeluarkan melalui keringat dan urin. Sayangnya, seiring dengan pertambahan usia, fungsi ginjal cenderung menurun. Akibatnya, kelebihan sodium menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Konsumsi garam yang berlebihan erat kaitannya dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis, terutama tekanan darah tinggi (hipertensi), dan jantung.

Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika tekanan sistolik darahnya di atas 140 mmHg. Terhadinya hipertensi bisa diakibatkan beberapa faktor, salah satunya adalah kelebihan asupan garam. Ketika ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik, akan mempengaruhi kondisi homeostasis elektrolit. Volume plasma darah akan meningkat dan menekan sistem kardiovaskuler untuk bekerja lebih keras.Terjadinya hipertensi meningkatkan risiko timbulnya penyakit kardiovaskuler. Akibat tekanan yang bertambah, relaksasi otot halus menjadi terganggu. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya gangguan jantung.

Namun demikian, perlu diingat bahwa sodium termasuk dalam zat gizi mikro yang penting dalam menunjang aktivitas normal tubuh. Konsumsi sodium yang cukup (tidak kurang atau lebih) sangat penting dalam menjaga volume dan tekanan darah dengan mengikat air. Komponen ini juga berperan mengatur tekanan osmotik sel, yang berfungsi bagi keluar masuknya cairan sel. Tidak kalah pentingnya adalah fungsi zat mikro ini terhadap transmisi impuls sel saraf.

Mengingat manfaat dan bahayanya, sudah selayaknya kita mengonsumsi sodium dengan cerdas dalam jumlah cukup. Anjuran konsumsi sodium (dari berbagai sumber) bagi remaja dan dewasa adalah 1200 mg/hari dan ditoleransi hingga 2300 mg/hari, tergantung kondisi tubuh.

Dikutip dari Umami Indonesia Edisi 6 Vol I 2013


Status YM 

Garam Lososa On Facebook

 

Pengunjung

 

 

 

Copyright © 2014 • Garam Rendah Sodium/Natrium - www.garamlososa.com - Sumenep - Madura . All Right Reserved